25 Agustus 2009

kisahku di kampus baru

norak banget judulnya sumpah. haha

okay, in this post i will tell you the rules i learnt from the whole n-weeks in my new home, Institut Teknologi Bandung. this rules will guide you too, when you are in a situation like me: a newbie in your environment. enjoy! :D

- sok kenal and dont forget to take a big big happy smile to everyone. ga penting orang itu temen seangkatan, atau dosen, atau kakak angkatan. semakin sok kenal, semakin bagus. soalnya ntar kalo ketemu di jalan bisa senyum lagi terus kenal deh!
- jangan gengsi kenalan duluan. ngapain juga makan gengsi? rugi sendiri dan ntar kalo mau pipis ga akan ada yang nemenin looh.. (apa coba hubungannya?)
- no school-oriented or study-oriented. school oriented = temennya ya itu lagi. dari sekolah lama. coba lebarkan sayap, luaskan perimeter. cari temen baru. kenali budaya baru. study oriented = terlalu serius belajar. DUH! tenang, neng, kang, kalo udah kuliah artinya kita udah dewasa. PASTI bisa atur waktu..
- jangan terlalu memerhatikan orang lain. misalkan, memerhatikan kebiasaan si teman baru menggaruk hidungnya atau dialek si teman baru yang (maaf) lucu karena dia berasal dari daerah luar daerah kita tinggal.
- gunakan bahasa dengan baik dan benar. simak baik-baik dialog ini,
a: "eh, emang disini ga biasa ya, make gue-elo?"
b: "eh? ya engga banyak sih yang make.. aku sih taunya cuma beberapa gelintir orang aja,"
a: "ih aneh banget!"
b: "emang kenapa gitu? aku mah biasa aja. dari kecil udah make aku sih kalo ngomong.."
a: "di tempat asal gue tuh yah, aku-kamu tuh cuma buat orang pacaran tau!"
c: "di tempat asalku pake aku-kau!"
nah loh culture clash kan? jadi lebih baik gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.. tapi poin ini masih SUPER RANCU karena berdasarkan riset, bahasa pergaulan sekarang itu gue-elo, sedangkan bahasa kita kan aku-kamu! nah ada juga yang bilang, "ah, aku mah ya sesuaikan aja, kalo lawannya aku-kamu ya aku-kamu, kalo gue-elo ya gue-elo,"-->ini juga bisa!
- masuk organisasi. you know what the explanation is.
- PD! harus bangetttttttttttttttt. ga bakal bisa kita survive di lingkungan baru tanpa rasa pede segunung!

good luck everyone!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

muchas gracias!